Jumat, 19 Juni 2015

CONTOH KARYA ILMIAH

  


PROPOSAL PENELITIAN


Pengabdian Masyarakat di Bidang Kewirausahaan
Usaha Rental Game

Disusun oleh :
                                                  Nama     : Laily Cholis Maulida
                                                   NIM       : 2014-53-065
                                                  Kelas      : B


PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2014

Pengabdian Masyarakat di Bidang Kewirausahaan
Usaha Rental Game




Oleh :

Nama         :Laily Cholis Maulida
Nim            : 201453065
Progdi        : Sistem Informasi



PROPOSAL
Disusun sebagai salah satu syarat untuk melakukan penelitian :







Dosen Pembimbing,                                                        Penulis





Diana Laely Fithri S.KOM M.KOM                         Laily Cholis Maulida




I.          JUDUL PROPOSAL
Pengabdian Masyarakat di Bidang Kewirausahaan Usaha Rental Game

II.       LATAR BELAKANG
Dalam zaman sekarang ini perkembangan gamesangat pesat dan hampir tiap tahun keluar game baru. Bahkan banyak orang yang mencari game dengan cara cepat dan mudah. Meskipun banyak yang suka download softwarenya langsung dari internet. Tapi, ada juga yang mencari penyewaan CD game secara cepat.
Di Pati sendiri hanya ada beberapa yang membuka usaha rental game. Bahkan usaha game sendiri belum disadari masyarakat tentang keberadaannya karena bagi peminat game itu sendiri belum berpikir ada tempat sewa CD game. Meskipun belum disadari masyarakat,sewa CD game sendiri sudah ada peminatnya bagi yang sudah tahu keberadaannya.
Usaha game ini tidak mengeluarkan biaya yang sangat mahal karena hanya bermodalkan tempat dan seperangkat komputer serta jaringan internet. Kemungkinan untuk gulung tikar juga sangat sedikit karena usaha ini pasti ada peminatnya seperti halnya warnet. Bahkan usaha rental game ini tidak seperti yang mengeluarkan biaya banyak yang dapat mengakibatkan kita rugi besar di awal membuka usaha. Usaha ini juga berguna bagi peminat game, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak dan tidak bersusah payah mencari game yang dibutuhkan di internet.

III.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan antara lain :
Ø  Apakah masyarakat tidak bosan dengan game yang mereka miliki dan dimainkan terus menerus?
Ø  Bagaimana mereka mencari game lain jika ingin mendapatkan lebih banyak game?
Ø  Berapa banyak biaya yang dikeluarkan bila mencari game sendiri diinternet?
Ø  Apakah tidak lebih cepat menyewa dari pada menunggu download diinternet?
IV.   TINJAUAN PUSTAKA
Shan Lin, Yu dkk, (2006) dalam penelitiannya yang berjudul : “Implementasi Rental Game dalam Masyarakat” hasil penelitiannya menunjukkan bahwaUsaha Rental Game adalah usaha yang menyewakan game untuk komputer di mainkan secara online atau offline. Dalam kajian ini persepsi msyarakat dalam program usaha rental game tidaklah hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Tapi dapat dilihat dari sisi positif yang menguntungkan banyak pihak.
Ahmadi,Kiki, (2010)dalam penelitiannya yang berjudul : “Rental Playstation untuk Anak-anak dan Remaja” hasil penelitiannya menunjukkan bahwaPeluang usaha rental game ini dapat dijadikan alternatif dalam memulai usaha dirumah sendiri. Apa lagi usaha ini ditempat yang banyak orang suka dengan game. Meskipun banyak orang yang sudah punya banyak game, tapi mereka cepat bosan dengan game yang ada. Tapi usaha ini pasti ada yang masih mendatanginya untuk menyewa CD game. Oleh karena itu mereka terus saja mencari game yang lebih menantang dan belum pernah dimainkan. Orang pasti akan bosan dengan game yang terus dimainkan seperti halnya kita saat makan makanan yang terus kita makan tiap hari. Bila menunya sama terus pasti orang akan bosan.
                                                                                                      
V.      TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa usaha ini bertujuan untuk :
Ø  Memudahkan masyarakat mencari game yang diinginkan tanpa perlu bersusah payah mencari diinternet.
Ø  Biaya yang dikeluarkan pengusaha dan konsumen lebih murah atau tidak mengeluarkan banyak biaya.
Ø  Untuk pengusaha juga bisa mempelajari game itu sendiri dan membuat sebuah game sendiri untuk dijual, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

VI.    MANFAAT PENELITIAN
Ø  Masyarakat tahu bahwa usaha kecil-kecilan dengan modal kecil tetapi mempunyai untung yang sangat besar dan kerugian yang kecil.
Ø  Peminat game PC tahu bahwa dengan adanya usaha rental game mereka dapat menghemat biaya dan mereka tidak perlu susah-susah mencari game kesukaannya di internet.
Ø  Memberi pandangan bagi pengangguran dalam membuka usaha yang tidak bisa di kuasai dan bisa di pelajari dengan mudah,cepat,hemat dan waktu yang singkat.

VII.      METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan penulis untuk mendeskripsikan fenomena pengabdian masyarakat di bidang kewirausahaan usaha rental game adalah:
A.  Wawancara
Wawancara jenis ini bersifat terbuka, tidak berstruktur ketat. Tetapi dalam pertanyaan berfokus dan mengarah pada pendalaman informasi. Dalam hal ini, peniliti bertanya pada responden bahwa usaha kecil-kecilan mempunyai keuntungan yang besar. Apa lagi tidak ada pesaing di lingkungan sekitar yang membuat pelanggan beralih kepada usaha lain.
Kelebihan mencari data dengan wawancara dapat diperoleh keterangan yang tidak dapat dilakukan dengan metode lain. Semakin bagus pengertian wawancara dan semakin halus perasaan dalam pengamatan, semakin besar pula kemampuannya untuk memberikan dorongan kepada subjeknya. Lagi pula, semakin besar kemampuan orang yang diwawancarai untuk menyatakan responsnya, semakin besar proses intersimulasi itu. Tiap-tiap respons atau tanggapan yang verbal dan reaksinya dinyatakan dengan kata-kata dapat memberikan banyak pikiran-pikiran yang baru. Suatu jawaban bukanlah jawaban atas suatu pertanyaan saja, melainkan merupakan pendorong timbulnya keterangan lain yang penting mengenai peristiwa atau objek penelitian. Semakin besar bantuan responden dalam wawancara, maka semakin besar peranannya sebagai informan. Mereka tidak hanya bisa memberi keterangan tentang sesuatu kepada peneliti, tetapi juga bisa memberi saran tentang sumber-sumber bukti lain yang mendukung serta menciptakan akses terhadap sumber yang bersangkutan.
Dengan demikian wawancara mendalam harus memberikan keleluasaan informan dalam memberikan penjelasan secara aman, tidak merasa ditekan, maka perlu diciptakan suasana “kekeluargaan”. Kelonggaran ini akan mengorek kejujuran informasi, terutama yang berhubungan dengan sikap, pandangan, dan perasaan informan sehingga pencari data tidak merasa asing dan dicurigai. Oleh karena itu, maka masalah pelaksanaan wawancara perlu dipilih “waktu yang tepat”, maksudnya para informan diwawancarai pada saat yang tidak sibuk dan dalam kondisi yang “santai” sehingga keterangan yang diberikan memang benar-benar adanya. Namun demikian, peneliti perlu berhati-hati dari ketergantungan yang berlebihan kepada seorang informan, terutama karena kemungkinan adanya pengaruh hubungan antar pribadi. Suatu cara yang rasional untuk mengatasi kesalahan ini adalah dengan mengandalkan sumber-sumber bukti lain untuk mendukung keterangan-keterangan informan tersebut dan menelusuri bukti yang bertentangan sehati-hati mungkin.
B.  Observasi
Observasi dapat dilakukan dengan cara berpartisipasi terhadap kegiatan dan proses yang terkait dengan program studi. Observasi akan dilakukan dengan cara formal dan informal, untuk mengamati penyewa game terus meningkat atau menurun pendatangnya. Karena mereka yang menentukan maju atau tidaknya usaha rental game ini. Dengan demikian, pengusaha game ini dapat berfikir kembali dengan perkembangan usaha yang dijalaninya.
Observasi tersebut dapat terbentang mulai dari kegiatan pengumpulan data yang formal hingga yang tidak formal. Bukti observasi seringkali bermanfaat untuk memberikan informasi tambahan tentang topik yang akan diteliti. Observasi dapat menambah dimensi-dimensi baru untuk membuka cabang usaha yang dikembangkan agar lebih maju.

C.           JADWAL KEGIATAN PENELITIAN


September
Oktober
Nopember
Desember
Januari
Februari
Persiapan/
perencanaan






Pengumpulan data






Pelaksanaan Penelitian






Penyusunan Laporan








D.      SUSUNAN PERSONALIA
Nama  Peneliti             : Laily Cholis Maulida
Jenis Kelamin              : laki-laki
Program Studi             : Sistem Informasi
Fakultas                       : Teknik
Waktu Penelitian         : 6 bulan

E.       PERKIRAAN BIAYA PENELITIAN
Perkiraan biaya untuk mendanai usaha rental game ini membutuhkan biaya sebagai berikut :
No
Keterangan
Jumlah
1
Pembelian 1 unit komputer
3.000.000
2
Langganan internet speedy /bulan
2.500.000
3
Pembelian CD/DVD kosong /pack
150.000
4
Meja dan Kursi
1.500.000
5
Penyewaan tempat
3.000.000
Jumlah
10.150.000

F.       LAMPIRAN
A.  Daftar Pustaka
Imbar, Radiant Victor and Billy, - (2011) Pembuatan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan Dan Produksi dengan Penjadwalan Mesin Produksi. Jurnal Sistem Informasi, 6 (1). pp. 61-75.
Fandy Tarakan. 2011. Proposal Usaha. http://merahitam.com/contoh-proposal.html. 20 Juni 2011.

B.  Daftar Riwayat Hidup
Bahwa saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama Lengkap                        : Laily Cholis Maulida
NIM                                        : 2014-53-065
Tempat dan Tanggal Lahir      : Pati, 22 Desember 1995
Alamat                                                : Desa Sundoluhur RT 12/RW 02 Kayen Pati
Pendidikan                              : RA Miftahul Muhtadin (2001)
MI Miftahul Muhtadin (2007)
  MTS Miftahul muhtadin (2010)
SMA Rifaiyah Kayen Pati (2013)
  Universitas Muria Kudus (sekarang)
Status                                      : Mahasiswa
Hobi                                        : Olahraga
Telepon                                   : 0857-4022-1833


Kudus,Oktober 2014
Saya yang bersangkutan,



( Laily Cholis Maulida)








Sistematika Laporan
            Adapun sistematika penulisan proposal ini sebagai berikut:
I.              JUDUL
II.           LATAR BELAKANG
III.        RUMUSAN MASALAH
IV.        TINJAUAN PUSTAKA
V.           TUJUAN PENELITIAN
VI.        MANFAAT PENELITIAN
VII.     METODE PENELITIAN
A.    Wawancara
B.     Observasi
VIII.  JADWAL KEGIATAN PENELITIAN
IX.        SUSUNAN PERSONALIA
X.           PERKIRAAN BIAYA PENELITIAN
XI.        LAMPIRAN
A.    Daftar Pustaka
B.     Daftar Riwayat Hidup
Sistematika Laporan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar